platinum palladium emas perak

Perbedaan Platinum, Palladium, Emas, dan Perak

Terdapat 3 perbedaan mendasar bahan logam mulia yaitu Kepadatan, kekerasan, dan Ketahanan.
Segi kepadatan
material cincin paling padat adalah Platinum, lalu menyusul Emas, Palladium dan terakhir Perak

Segi Kekerasan ( diuji dengan alat Vickers Hardness Test)
material cincin paling keras adalah Platinum, lalu menyusul palladium, perak dan emas

Segi ketahanan terhadap panas matahari dan cuaca
Material cincin paling tahan sinar matahari dan cuaca adalah platinum, menyusul palladium, emas dan terakhir perak

Palladium adalah logam mulia yang langkah (rare) berwarna silvery – white. Kelangkaan palladium membuat nilainya tinggi dan menjadikan kebanggan tersendiri bagi penggunanya. Memilih palladium sebagai bahan cincin pernikahan berarti anda salah satu pengguna logam mulia yang langkah di dunia.

Platinum adalah logam mulia yang berwarna silverish – white. Logam mulia ini sangat padat, kuat, tidak reaktif, tidak berkarat dan sangat berharga. Platinum memiliki sifat hypoallergenic yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Platinum dikenal sebagai a noble precious metal

Emas adalah logam mulia yang berwarna kuning emas. Logam mulia ini sangat lunak, padat, mudah ditempah, elastis dan sangat berharga dapat dijadikan investasi. Sifatnya yang elastis dan mudah ditempah memungkinkan membentuk semua model perhiasan yang diinginkan. Emas kuning (Gold) yang dijadikan perhiasan harus dicampur dengan tembaga (Cu). Untuk standar perhiasan paling proporsional pada kadar 75% (18K). Emas yang memiliki kadar tinggi akan menjadikan perhiasan tersebut lunak dan mudah peok. Rose Gold adalah campuran emas kuning, tembaga dan perak. Finishing dengan menggunakan rhodium akan menambah ketahanan dan kemilau emas.  Emas putih (White Gold) yang dijadikan perhiasan dicampur dengan palladium dan alloy. Finishing dengan menggunakan rhodium akan menambah ketahanan dan kemilau emas putih. Pada emas putih warnanya lama kelamaan akan mengalami perubahan menjadi agak kekuningan. Untuk mengembalikan warnanya perlu dilakukan re-plating.

Perak (Silver {Ag}) adalah logam mulia yang berwarna silver. Logam mulia ini sangat lunak, elastis dan mudah ditempah/dibentuk. Pilihan bahan perak menjadi alternatif bagi anda yang ingin menghemat biaya untuk membeli perhiasan.

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya semua logam mulia mengalami perubahan warna termasuk emas, platinum, palladium, dan perak akibat pemakaian. Selain itu juga dapat diakibatkan oleh cuaca seperti suhu dan kelembapan. Dikatakan Logam mulia karena tidak berkarat, lusternya bagus dan mudah dibentuk. Untuk mengembalikan warna semula, dapat dilakukan polish ulang (finishing).

Tinggalkan Balasan