By Admin  Article Published 01 January 2016
 
Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar tentang Cincin Berlian. Sebagian dari kita mungkin akan mengatakan berlian itu barang yang WAH, barang yang mungkin membuat Anda terpesona dan terpana. 

Berlian tidak hanya cantik, tapi juga memiliki nilai jual yang tinggi, Sayangnya banyak berlian-berlian palsu yang beredar di pasar. Oleh karena itu berhati-hatilah saat membeli berlian, dan juga pelajari bagaimana sebenarnya berlian itu. Untuk kali ini, kami akan share beberapa trik sederhana untuk membedakan apakah berlian yang kita miliki asli atau palsu. Berikut penjelasannya :

# Keras
Berlian adalah batu yang paling keras di bumi. Jika berlian milik Anda rusak atau terbelah saat mendapat benturan ringan, maka sudah pasti berlian yang Anda miliki adalah berlian palsu.

# Memiliki Berbagai Warna
Berlian tidak hanya memiliki warna bening saja, tapi juga muncul dengan berbagai warna. Nah, berlian pink, kuning, dan biru merupakan jenis berlian yang langka. Jadi, jangan sampai tertipu saat penjual perhiasan mengatakan berlian yang dijualnya adalah berlian langka tetapi memiliki warna selain pink, kuning, dan biru.

# Dapat Menggores Benda Apapun
Karena berlian merupakan benda terkeras di bumi, maka berlian mampu menggores benda apapun. Cara membuktikan keaslian berlian adalah dengan menggoreskannya ke kaca. Jika kaca tersebut tergores dan berlian Anda tidak rusak, maka berlian Anda merupakan berlian asli.

# Pencerminan Tidak Jelas
Selama ini mungkin banyak yang mengira bahwa seseorang bisa melihat suatu benda melalui berlian dengan jelas. Tapi nyatanya, berlian asli tidaklah memiliki refleksi yang jelas. Jika Anda meletakkan berlian asli di atas sebuah koran, maka tulisan di koran tersebut tidak akan terlihat dengan jelas. Sebaliknya, jika Anda meletakkan berlian palsu di atas koran, maka tulisannya akan terbaca dengan jelas. Hal ini dikarenakan berlian palsu terbuat dari kaca sehingga mampu merefleksikan benda di balik berlian palsu dengan jelas.

# Refleksi Abu-abu
Berlian asli hanya dapat memberikan refleksi dalam warna abu-abu saja. Jika berlian Anda mampu merefleksikan berbagai warna, maka berlian yang Anda miliki tersebut adalah berlian palsu

# Tidak Bisa Berkabut
Cobalah hembuskan nafas ke berlian Anda. Jika kabut pada berlian menghilang dengan cepat, maka berlian tersebut adalah asli. Sedangkan jika kabut bertahan selama beberapa saat pada berlian, maka sudah bisa dipastikan berlian tersebut adalah palsu.

# Mampu Merefleksikan Cahaya
Berlian yang asli dapat merefleksikan cahaya di setiap sisinya, sehingga membuatnya terlihat berkilau. Sedangkan berlian palsu biasanya hanya terlihat berkilau di bagian atasnya saja.

# Tidak Bisa Dipanaskan
Jika Anda memanaskan berlian Anda dan kemudian berlian tersebut terasa panas, maka berlian tersebut adalah berlian palsu. Sama halnya dengan kabut, berlian asli juga dapat menghilangkan panas dengan cepat, sehingga Anda tidak akan merasa panas atau hangat pada berlian Anda.

# Tidak Mudah Tergores
Berlian asli tidak akan mudah tergores. Jika berlian Anda memiliki banyak goresan, maka berlian tersebut adalah berlian palsu.

# Berlian Palsu Mengapung Di Air
Untuk mengecoh pembeli, terkadang penjual berlian menggabungkan berlian asli dan palsu di bagian bawah. Untuk mengetes keaslian berlian Anda, cobalah mencelupkannya ke air. Jika berlian tersebut mengapung, maka berlian tersebut palsu atau telah disatukan dengan berlian palsu.

Nah  ini 10 tips sederhana yang bisa kami bagikan buat Anda. Berhati-hati adalah cara terbaik agar Anda tidak tertipu dalam membeli cincin berlian. Semoga artikel ini bermanfaat. 



Related Article

UA-73167642-1